SEKOLAH  SMK ST.NAHANSON PARAPAT SIPOHOLON
Didirikan pada Tanggal 31 Maret 2013, di Jakarta oleh  Bapak Laksda (Alm) FM. Parapat PhD dan  Nyonya RL. Parapat (Br Harianja).

LATAR BELAKANG
Pendirian Yayasan didorong oleh keinginan yang luhur dari para pendiri untuk melakukan sesuatu yang sangat  bernilai, berguna/bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pendiri  dilahirkan  dan dibesarkan di Simarlailai Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatra Utara dan termasuk  salah satu putra terbaik dari Kabupaten Tapanuli Utara, menyelesaikan Pendidikan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) di Soposurung Balige (dulu termasuk Kabupaten Tapanuli Utara).

Pada era sebelum tahun 1980 an, wilayah Silindung yang terletak di Tapanuli Utara adalah wilayah yang di kenal sebagai Pusat Pendidikan, dimana masyarakat yang berada disekitar Silindung (Toba, Samosir, Sidikalang dll) berbondong-bondong datang ke Silindung untuk menuntuk ilmu (bersekolah).

Cukup banyak  putra-putri terbaik yang pernah dilahirkan oleh dunia pendidikan didaerah Silindung dan tidak sedikit pernah menduduki jabatan penting di Negara Republik Indonesia termasuk Bapak Laksda TNI (Purn) FM Parapat PhD.

Setelah tahun 1980 an  Silindung tidak lagi seperti yang dulu, tidak lagi sebagai Pusat Pendidikan, semuanya jadi berubah, se akan – akan sebutan Pusat Pendidikan tersebut jadi sirna, Silindung sudah jauh tertinggal dari wilayah lain di sekitarnya..

Sebagai Putra daerah dan pecinta dunia pendirikan, keadaan dan kondisi tersebut diatas membuat Pendiri menjadi prihatin, karena itu timbul semangat dan kerinduan untuk berbuat sesuatu dan mengembalikan citra Silindung menjadi  salah satu tempat yang di tuju masyarakat untuk menimba ilmu, hanya karena semangat serta keinginan yang luhur  untuk melakukan sesuatu yang sangat  bernilai, berguna/bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat  khususnya di bidang pendidikan, padahal usia sudah lanjut tetapi iman dan semangat masih menyala nyala , “ tidak ada kata terlambat untuk berbuat sesuatu hal yang baik “ akhirnya didirikanlah suatu yayasan yang di bernama “ YAYASAN St. NAHANSON PARAPAT.Melalui wadah Yayasan inilah, hasrat untuk membangun pendidikan di Wilayah Silindung akan di lakukan.

Mengapa nama Yayasan tersebut Yayasan St. Nahanson Parapat ? 
Masa kecilnya Laksda TNI ( Purn ) FM Parapat PhD,  hidup/tinggal bersama Kakeknya yang bernama Sintua (St) Nahanson Parapat, figur sang Kakek sangat melekat dalam ingatan dan hidup beliau, seorang Kakek yang berwibawa, berpendirian, gigih dan taat beragama, beliau bangga  dan sangat menghormatinya. 

Ter-inspirasi karakter sang kakek / maka Ibu RL. Parapat Br Harianja,serta Bapak Laksda TNI ( Purn ) FM.Parapat Ph.D  menggagas dan mendirikan  Yayasan, yang diberi nama YAYASAN St.NAHANSON PARAPAT.

Sebagaimana di sebutkan diatas bahwa tujuan Pendiri mendirikan Yayasan St.Nahanson Parapat (SMK St.NAHANSON PARAPAT) adalah sosial, bukan untuk bisnis yang ber orientasi mencari keuntungan, namun semata mata merupakan implementasi daripada rasa cinta akan bona pasogit, cinta dunia pendidikan dan tidak kalah  pentingnya adalah sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

SEJARAH KETUA YAYASAN
Tahun 2013 - 2017 Sabungan Parapat, S.E,S.H
Tahun 2017 - sekarang DR.Chandra Situmeang, SE, M.SM, Ak
SEJARAH KEPALA SEKOLAH
Tahun 2013 - sekarang Drs.Jasman Sinaga